Rapat Kerja Nasional I FPSMI tahun 2023 diselenggarakan di Perpustakaan Nasional RI
11 November 2023

Jakarta - Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia (FPSMI) melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas I) tahun 2023 pada 10 - 11 November 2023 bertempat di Perpustakaan Nasional RI Jakarta. Acara Rakernas I tahun 2023 ini dihadiri oleh Pengurus Pusat serta beberapa Pengurus Daerah. 

Selain itu juga hadir tamu undangan dari Kemendikbudristek, DR. Sugiyanto, S.IP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan 5 indikator terjadinya transformasi literasi pada satuan pendidikan. “Ada 5 indikator terjadinya transformasi literasi pada satuan pendidikan yaitu satuan pendidikan berpihak kepada tumbuh kembang murid, satuan pendidikan mengembangkan budaya refleksi berbasis data, peningkatan hasil belajar murid, terutama kompetensi fondasi seperti literasi, numerasi, dan karakter, satuan pendidikan menjalin kemitraan dengan orangtua/wali, dan satuan pendidikan menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan dan inklusif.” kata Sugianto.

Pelaksanaan Kegiatan Rakernas I tahun 2023 dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT), Drs. Nurcahyono,S.S.,M.Si. Dalam sambutan beliau menyampaikan beberapa peran pustakawan dalam mendukung Kurikulum Merdeka yaitu menyiapkan literasi sesuai projek dari koleksi perpustakaan yang sudah disesuaikan dengan kurikulum merdeka, berkolaborasi dengan guru dengan mengintegrasikan perpustakaan dan proses pembelajaran, dan membimbing siswa dalam penyelesaian projek”.

Dalam sambutan sekaligus pembukaannya beliau juga berharap Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia dapat semakin berkembang dan eksis sehingga dapat menjadi wadah bagi pustakawan dalam menjalin komunikasi serta bekerjasama untuk meningkatkan perannya dalam menyelenggarakan program-program pembinaan dan pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Indonesia.

Setelah resmi dibuka, rangkaian acara Rakernas tahun 2023 di hari pertama dilanjutkan dengan prosesi penganugerahan penghargaan Duta Baca Literasi/Numerasi dan Pegiat Literasi Perpustakaan Nasional Oleh Kepala P3SMPT.

Foto bersama dengan Duta Baca Literasi/Numerasi dan Pegiat Literasi Perpustakaan Nasional

Rakernas FSPMI tahun 2023 dengan tema ‘Peran Strategis FPSMI dalam Peningkatan Mutu Perpustakaan Sekolah dan Madrasah yang Berkelanjutan, Literatif, Berkualitas, Kreatif, Inovatif, Transformatif dan Berdaya saing” akan dilanjutkan sampai Sabtu (11/11/2023) yang akan dimulai kembali pukul 07.00 WIB.