SUKSES SINERGI BERSAMA PERPUSTAKAAN NASIONAL RI, BIMTEK PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH DI KALIMANTAN UTARA RESMI DITUTUP
21 September 2023

TARAKAN - Perpustakaan Nasional RI telah melaksanaan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan sejak tanggal 19 September dan berakhir tanggal 21 September 2023.

 


Dokumentasi: Penutupan Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Tarakan - 21 September 2023.

 

Dalam acara penutupan bimtek ini dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara, Drs. Teguh Hendri Sutanto, M.Pd. menyampaikan kebijakan pemanfaatan Dana BOSP dan Dana DAK untuk Pengembangan Perpustakaan. Kadisdik Kaltara menyampaikan hasil angkat Rapor Pendidikan Provinsi Kaltara mayoritas masih di bawah rata-rata dari target yang harusnya dicapai tahun 2023. Kadisdik dalam materinya menyampaikan bahwa Dinas Pendidikan Kaltara sangat mendukung pemgalokasian Dana BOSP dan Dana DAK untuk membangun dan mengembangkan perpustakaan sekolah/madrasah di Kaltara. Peserta bimtek sangat antusias menyambut seluruh materi yang disampaikan Kadisik Kaltara kali ini. Kadisik Kaltara menyampaikan bahwa pada tahun 2023 ini, sebanyak empat sekolah di Kaltara mendapatkan alokasi Dana DAK bidang Perpustakaan untuk membangun dan merenovasi perpustakaannya. Empat sekolah tersebut adalah SMA Bulungan, SMA 12 Malinau, SMKN 1 Bunyu, dan SMKN Tanjung Palas Timur. Untuk itu, beliau berpesan kepada seluruh Kepala Perpustakaan yang hadir pada bimtek ini, agar berupaya mengalokasikan anggaran untuk pengelolaan perpustakaan saat pengajuan anggaran pada Rapat Kerja Kepala Sekolah.

Pada kesempatan penyampaian materi kali ini, Kadisdik Kaltara juga menyampaikan bahwa upaya yang sudah dilakukan adalah menyusun Juknis dalam mengembangkan pojok baca di sekolah/madrasah wilayah Kaltara. Upaya lain yang dilakukan Dinas Pendidikan Kaltara adalah peningkatan kompetensi tenaga pendidikan, pengembangan koleksi perpustakaan, dan fasilitasi perangkat TIK untuk mendukung pembelajaran. Segala upaya dilakukan Dinas Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan angka Rapor Pendidikan terutama pada indikator peningkatan rata-rata kemampuan Literasi di bidang Pendidikan khususnya pada Tingkat Dasar Menengah dan Khusus.


  

Dokumentasi: Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Utara, Drs. Teguh Hendri Sutanto, M.Pd. menjadi Narasumber pada Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Tarakan - 21 September 2023.

 

Afriyanto Bimantara Purnomo, Kepala Perpustakan SMPN Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung, sebagai peserta dengan nilai posttest terbaik mewakili seluruh peserta bimtek menyampaikan kesan pesan terhadap pelaksanaan bimtek kali ini. Afriyanto menyampaikan bahwa pelaksanaan bimtek ini sangat membantu seluruh peserta yang hadir dalam mengelola perpustakaan baik itu dalam manajemen perpustakaan, pengembangan koleksi, otomasi perpustakaan dan kreatifitas serta inovasi dalam mengembangkan program perpustakaan yang mendukung proses pembelajaran. Afriyanto juga menyampaikan harapan bahwa kegiatan ini akan terus berlangsung secara berkesinambungan, pelatihan-pelatihan akan terus dilakukan agar dapat terus memacu kinerja pengelola perpustakaan. Afriyanto menyampaikan ucapan terimakasih atas kesempatan yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional untuk menunjang kinerja, pengetahuan dan keterampilan seluruh pengelola perpustakaan di provinsi kalimantan utara.


Dokumentasi: Afriyanto, peserta terbaik memberikan kesan pesan pada Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Tarakan - 21 September 2023.

 

Kegiatan yang dibuka oleh Drs. Nurcahyono, SS., M.Si selaku Kepala Pusat Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi pada tanggal 19 September 2023, kali ini resmi ditutup oleh Ir. Yosua Batara Payangan, S.T.,M.Si. Selaku Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Utara. Dalam sambutan penutupannya, Yosua Batara mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional RI yang telah mengadakan bimbingan teknis perpustakaan sekolah/madrasah karena hal ini sangat mendongkrak dan memotivasi kinerja tim pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di wilayah Provinsi Kalimantan Utara. Yosua juga menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan teknis ini adalah salah satu kesempatan yang luar biasa bagi seluruh perpustakaan sekolah/madrasah di Kalimantan Utara. Sehingga, sudah sepantasnya disyukuri seluruh peserta yang hadir mengikuti dari awal sampai penutupan.



Dokumentasi: Ir. Yosua Batara Payangan, S.T., M.Si. menutup secara resmi Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Tarakan – 21 September 2023.

 

Yosua menyampaikan harapannya kepada seluruh peserta agar terus melanjutkan ilmu dan keterampilan teknis pengelolaan perpustakaan yang telah diperoleh selama mengikuti bimbingan teknis agar perpustakaan sekolah/madrasah terselenggara dan terkelola sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Selain itu, Yosua juga berharap agar koordinasi ini terlus berlanjut dan hasil kegiatan bimtek ini dapat ditindaklanjuti hingga tercapainya peningkatan perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai standar dan siap untuk akreditasi di wilayah Kaltara. Yosua juga berkomitmen untuk membersamai seluruh tim Dinas Perpustakaan baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota di wilayah Kaltara untuk terus meningkatkan kualitas kinerja dalam bidang pembinaan dan pengembangan perpustakaan. Selain itu, dikukuhkannya Pengurus Daerah Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia (FPSMI) pada rangkaian acara Bimtek ini membentuk komitmen tersendiri bagi Yosua. FPSMI Daerah Provinsi Kalimantan Utara akan diusung oleh Yosua menjadi organisasi profesi yang dketahui, diakui dan didukung penuh oleh Gubernur Kaltara khususnya sebagai sambung tangan dan mitra dalam membina perpustakaan sekolah/madrasah di wilayah Kaltara.

Lebih lanjut, Yosua berpesan agar peserta dapat mengimplementasikan serta mensosialisasikan hasil bimbingan teknis ini kepada pimpinan sekolah/madrasah agar perpustakaan sekolah/madrasah mendapat perhatian yang lebih baik lagi sehingga perpustakaan bisa berkembang dengan maksimal guna mendukung keberhasilan pendidikan.



Dokumentasi: Penyerahan Sertifikat secara Simbolis pada Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Tarakan – 21 September 2023.

 

Selama bimbingan teknis ini berlangsung, peserta memperoleh ilmu dan pengetahuan terapan seputar penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan berupa manajemen perpustakaan, perencanaan pengembangan koleksi, serta layanan perpustakaan. Selain itu, dalam bimbingan teknis ini dilakukan pula pretest dan posttest untuk mengukur dampak keberhasilan bimbingan teknis terhadap pengetahuan peserta. Dari hasil pretest dan posttest, diketahui kegiatan bimtek ini berhasil memberikan dampak positif yang baik terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengelola perpustakaan sekolah/madrasah.

 

Tarakan, 21 September 2023

Melaporkan langsung dari lapangan

Ratih Nurhidayah (Reporter) 

Anisa Kristiani Tarigan (Dokumentasi)