WUJUDKAN PERPUSTAKAAN BERBASIS STANDAR, PERPUSTAKAAN NASIONAL RI LAKSANAKAN BIMTEK PERPUSTAKAAN SEKOLAH/MADRASAH DI KALIMANTAN UTARA
19 September 2023

A group of people sitting at a table

Description automatically generated

Dokumentasi: Bimtek Pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah. Tarakan, 19-21 September 2023.


TARAKAN - Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara. Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan salah satu upaya pembinaan perpustakaan yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional RI, ditujukan kepada perpustakaan sekolah/madrasah. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 19-21 September 2023 di SwissBell Hotel Kota Tarakan ini dihadiri oleh 100 orang peserta dari perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Kalimantan Utara.

A person speaking at a podium

Description automatically generated

Dokumentasi: Drs. Nurcahyono, M.Si., Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI membuka acara bimtek perpustakaan sekolah/madrasah. Tarakan, 19-21 September 2023.


Kegiatan Bimtek dibuka oleh Drs. Nurcahyono, M.Si. selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT) Perpustakaan Nasional RI sekaligus memberikan arahan mengenai Kebijakan Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Dalam arahannya, Kepala Pusat P3SMPT menyampaikan bahwa sebagai lembaga pemerintah non kementerian, Perpustakaan Nasional RI bertugas sebagai lembaga pembina semua jenis perpustakaan. Berbagai upaya dilakukan sebagai lembaga pembina. Dimana dalam hal ini, Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah sebagai salah satu upaya untuk membina perpustakaan di Indonesia. 

Kepala Pusat P3SMPT juga memaparkan bahwa arah paradigma belajar abad 21 memiliki ciri pola pendidikan yang  informatif, komputatif, otomatis dan komunikatif. sehingga pola pendidikan yang demikian menuntut ketercapaian standar kelulusan siswa yang produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terintegrasi. Untuk itu, pada era ini hadir berbagai pilihan kurikulum pembelajaran dalam rangka menguatkan karakter anak didik. Salah satu kurikulum yang diimplementasikan pada saat ini adalah kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka mengajak seluruh satuan pendidikan dan peserta didik untuk belajar mandiri dengan tujuan utama penguatan profil pelajar pancasila dan kewirausahaan. Dengan demikian, pelaksanaan dan tonggak utama keberhasilan kurikulum merdeka adalah kebermanfaatan perpustakaan sebagai bagian integral dalam menggerakkan dan meningkatkan indeks literasi di lingkup sekolah/madrasah sebagai lembaga induknya. Maka, dalam hal ini sangat penting peran perpustakaan dalam era pendidikan yang mengacu pada paradigma belajar Abad 21.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusat P3SMPT mengajak para peserta agar mengelola perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Kedepannya para pengelola perpustakaan dapat terus mengembangkan perpustakaan dengan memanfaatkan program serta kegiatan yang telah disediakan Perpustakaan Nasional RI. Seperti memanfaatkan koleksi BintangPusnas Edu yang saat ini terus dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI guna mendukung tujuan pendidikan yang dicanangkan dalam kurikulum merdeka belajar. Disampaikan juga, agar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltara untuk meningkatkan kinerja pembinaan perpustakaan sekolah/madrasah sesuai amanat Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.


Dokumentasi: Ir. Yosua Batara Payangan, S.T.,M.Si. memberikan sambutan dalam acara bimtek perpustakaan sekolah/madrasah. Tarakan, 19-21 September 2023.


Bimtek ini juga dihadiri oleh Ir. Yosua Batara Payangan, S.T.,M.Si. Selaku Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Utara yang menyampaikan sambutan dan materi terkait Kebijakan Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di tingkat Daerah. Yosua menyampaikan ucapan terimakasih atas antusias seluruh pengelola perpustakaan sekolah/madrasah yang hadir dalam bimtek ini. Yosua menyampaikan, besar harapan setelah pelaksanaan bimtek ini, tindaklanjut dan komitmen bersama untuk melanjutkan hingga seluruh perpustakaan sekolah/madrasah di wilayah Kaltara dapat terakreditasi 100% oleh Perpustakaan Nasional RI. Sehingga dengan demikian, capaian indeks literasi masyarakat khususnya dalam bidang pendidikan dan perpustakaan akan meningkat dan terus menjadi yang terbaik di Indonesia.

Dokumentasi: Ir. Yosua Batara Payangan, S.T.,M.Si. bersama Kepala Pusat P3SMPT, Drs. Nurcahyono, SS., M.Si. mengukuhan Pengurus Daerah Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia. Tarakan, 19 September 2023.


Pada pembukaan bimtek kali ini, dikukuhkan pula Pengurus Daerah Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Utara didampingi oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi, Drs. Nurcahyono, SS., M.Si. Hadir pula secara daring, Dr. Yusqon, M.Pd. selaku Ketua Pusat Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia (FPSMI). Disampaikan oleh Yusqon bahwa dalam hal ini FPSMI hadir sebagai mitra Perpustakaan Nasional RI dalam pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di seluruh Indonesia. Yusqon menyampaikan bahwa Pengurus Daerah FPSMI Provinsi Kaltara pada hari ini telah resmi terbentuk, dikukuhkan dan kedepan akan berperan aktif dalam berbagai program kegiatan pembinaan perpustakaan sekolah/madrasah di provinsi Kaltara. 

Disampaikan oleh Kepala Pusat P3SMPT, bahwa tujuan utama dari Bimtek ini adalah mendapatkan profil perpustakaan untuk ditinjau kembali kesesuaiannya dengan Standar Nasional Perpustakaan. Dalam bimtek ini akan diberikan materi-materi teknis tentang pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah oleh Narasumber dari Perpustakaan Nasional RI. Nantinya, seluruh peserta akan mengisi form profiling melalui Sistem Bimtek “SIBIMTEK PUSKOMA”. Setelahnya, seluruh tim dari Perpustakaan Nasional RI akan meninjau seluruh hasil profiling. Dimana, perpustakaan sekolah yang menghasilkan prosentasi kesesuaikan dengan SNP di bawah 60% maka akan dilakukan pembinaan kembali oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi. Sedangkan, perpustakaan yang sudah mencapai 60% ke atas akan direkomendasikan untuk dilakukan Akreditasi oleh Perpustakaan Nasional RI.

Diharapkan melalui kegiatan Bimtek ini para pengelola perpustakaan sekolah/madrasah dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan tambahan terkait manajemen perpustakaan serta keahlian teknis dalam mengelola dan menyelenggarakan perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan.


Tarakan, 19 September 2023

Melaporkan dari lapangan:

Ratih Nurhidayah (Reporter)Anisa Kristiani Tarigan (Dokumentasi)