Pembukaan Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023
12 September 2023


Jakarta- Selasa, 12 September 2023 bertempat di Grand Royal Kuningan, dilaksanakan Pembukaan Acara Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan selama 4 hari, mulai 12-16 September 2023.

Acara diawali dengan laporan kegiatan dari Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi, Bapak Nurcahyono menyampaikan  sebagai upaya mewujudkan profil perpustakaan sekolah/madrasah Rujukan Tingkat Nasional yang kreatif, inovatif dan adaptif terhadap perubahan serta mampu bertranformasi secara utuh dalam mendukung program pembelajaran yang membentuk profil pelajar Pancasila dan kewirausahaan. Dan untuk, perpustakaan perguruan tinggi diharapkan mampu bertransformasi secara utuh menjadi perpustakaan berbasis teknologi tepat guna dalam rangka menunjang pelaksanaan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka di perguruan tinggi. Karena nantinya juara dari Lomba perpustakaan sekolah dan lomba best practice ini akan menjadi perpustakaan rujukan nasional dan Perpustakaan rujukan layanan di tingkat nasional.

Selanjutnya, acara dibuka oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Bapak Muhammad Syarif Bando. Beliau menyatakan kita membutuhkan lomba perpustakaan karena di Indonesia ini kita masih kurang sadar akan pentingnya membaca. Menurutnya, saat ini paradigma perpustakaan berubah di mana sebesar 10 persen pengelolaan perpustakaan untuk manajemen koleksi, sebesar 20 persen untuk manajemen ilmu pengetahuan, dan 70 persen untuk transfer ilmu pengetahuan. Sehingga pustakawan harus mampu untuk menjelaskan ilmu pengetahuan yang sudah usang dan juga harus mampu untuk menjelaskan ilmu pengetahuan yang baru kepada Masyarakat.

Acara grand final lomba ini dihadiri oleh 17 nominasi peserta lomba perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan 10 besar nominasi dari peserta Lomba Best Practice Perguruan Tinggi Tahun 2023. Pembukaan Grand Final Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Terbaik dan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 dilaksanakan secara hybrid, yaitu dari Hotel Grand Royal Kuningan, Jakarta dan juga melalui live streaming Youtube P3SMPT.