Penutupan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah
25 Mei 2023

Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah - Perpustakaan Nasional RI mengadakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan Bimbingan Teknis ini dilaksanakan sejak tanggal 23 Mei dan berakhir tanggal 25 Mei. Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT) Perpustakaan Nasional RI dan ditutup secara resmi oleh Bapak M Idham K, S.Sos., MAP, selaku Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Gemar Membaca mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sulawesi Tengah.

Dalam sambutan penutupannya, Idham K mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional yang telah mengadakan bimbingan teknis perpustakaan sekolah/madrasah karena hal ini sangat membantu pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. Beliau mengatakan bahwa kegiatan bimbingan teknis ini adalah salah satu nikmat dari Tuhan YME yang harus disyukuri para peserta sehingga diminta peserta untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama mengikuti bimbingan teknis agar perpustakaan sekolah/madrasah terselenggara dan terkelola sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Beliau meminta agar terus terdapat koordinasi dan tindak lanjut dari hasil kegiatan bimtek ini. Pengembangan perpustakaan sekolah harus mendapat perhatian serius baik oleh sekolah maupun oleh Dinas terkait.

Selain itu, Idham K berpesan agar peserta untuk mensosialisasikan hasil-hasil bimbingan teknis kepada pimpinan sekolah/madrasah agar perpustakaan sekolah/madrasah mendapat perhatian yang lebih baik lagi sehingga perpustakaan bisa berkembang dengan maksimal guna mendukung keberhasilan pendidikan.


Selama bimbingan teknis, para peserta memperoleh ilmu dan pengetahuan terapan seputar penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan berupa manajemen perpustakaan, perencanaan pengembangan koleksi, dan layanan perpustakaan. Selain itu, dalam bimbingan teknis ini dilakukan pretest dan posttest untuk mengukur dampak keberhasilan bimbingan teknis terhadap pengetahuan peserta. Dari hasil pretest dan posttest, diketahui kegiatan bimtek ini berhasil memberikan dampak yang baik terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan pengelola perpustakaan sekolah/madrasah.