Pembinaan 100 Perpustakaan Sekolah, Perpustakaan Nasional RI Melakukan Bimbingaan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah
23 Mei 2023

Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah- Perpustakaan Nasional RI mengadakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan program Perpustakaan Nasional RI selaku Pembina yang ditujukan kepada perpustakaan sekolah/madrasah. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 23-25 Mei 2023 di swiss-belHotel ini dihadiri oleh 100 peserta dari perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT) sekaligus memberikan arahan mengenai Kebijakan Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Dalam arahannya, Kepala Pusat P3SMPT menyampaikan kondisi kekinian perpustakaan sekolah/madrasah di Indonesia dengan berbagai problematikanya dan kondisi ideal yang seharusnya ada. Kepala Pusat P3SMPT juga menyampaikan skema pembinaan yang dilakukan Perpustakaan Nasional RI dimulai dari pembuatan berbagai peraturan/kebijakan (NSPK), sosialisasi NSPK, pemantauan dan pengawasan implementasi NSPK hingga kegiatan profiling kesesuaian perpustakaan sekolah/madrasah dengan SNP yang menghasilkan rekomendasi akreditasi bagi perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai NSP atau rekomendasi pembinaan kembali oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi bagi perpustakaan sekolah/madrasah yang belum sesuai NSP.

Pada kesempatan ini, Kepala Pusat P3SMPT mengajak para peserta agar menyelenggarakan dan mengelola perpustakaan sekolah/madrasah-nya secara professional sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dengan memanfaatkan program/kegiatan yang telah disediakan Perpustakaan Nasional RI seperti memanfaatkan koleksi BintangPusnas Edu yang baru saja dilaunching guna mendukung tujuan pendidikan yang dicanangkan dalam kurikulum merdeka belajar. Kepala Pusat P3SMPT juga meminta para pengelola perpustakaan dan kepala sekolah/madrasah untuk memanfaatkan dana BOSP dan DAK Pendidikan dalam pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah.

Kepala Pusat P3SMPT juga meminta agar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten/Kota di Provinsi Sulawesi Tengah untuk meningkatkan kinerja pembinaan perpustakaan sekolah/madrasah sesuai amanat Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Bimtek ini juga dihadiri Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sulawesi Tengah, Bapak Drs. I Nyoman Sriadijaya, MM. yang menyampaikan sambutan dan materi terkait Kebijakan Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di tingkat Daerah. I Nyoman Sriadijaya menyampaikan data dan fakta terkait kondisi perpustakaan sekolah/madrasah di provinsi Sulawesi Tengah. Sampai saat ini, pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah belum berjalan baik karena pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah tidak sepenuhnya menjadi tanggung jawab dinas kearsipan dan perpustakaan namun juga menjadi tanggung jawab OPD terkait seperti Dinas Pendidikan dan Kemenag yang membawahi madrasah. Selain itu, kondisi saat ini belum semua sekolah dan madrasah di Provinsi Sulawesi Tengah yang memiliki perpustakaan dan terdaftar di pendataan perpustakaan.

Turut hadir Ibu Yudiawati V. Windarrusliana, SKM., M.Kes, selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi yang menyampaikan materi “Kebijakan Pemanfaatan Dana BOSP dan DAK Pendidikan untuk Pengembangan Perpustakaan Sekolah”. Yudiawati, menjelaskan tiga tahun terakhir ini pengembangan perpustakaan sekolah melalui pemanfaatan dana BOSP dan DAK Pendidikan menjadi program unggulan di Provinsi Sulawesi Tengah karena perpustakaan saat ini dijadikan salah satu penunjang di satuan pendidikan.

Dari kegiatan Bimtek ini akan dihasilkan data hasil profiling perpustakaan sekolah/madrasah yang nantinya akan dijadikan rekomendasi akreditasi dan pembinaan kembali. Diharapkan juga melalui kegiatan Bimtek ini para pengelola perpustakaan sekolah/madrasah dapat memperoleh pengetahuan tambahan terkait manajerial dan juga keahlian teknis dasar dalam mengelola dan menyelenggarakan perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan.