Memperluas Akses Digital Untuk Masyarakat, Perpustakaan Nasional RI Gelar Kegiatan Webinar Optimalisasi Pemanfaatan BintangPusnas Edu
15 Mei 2023

Jakarta, Perpustakaan Nasional RI mengadakan kegiatan Webinar Optimalisasi Pemanfaatan BintangPusnas Edu. Kegiatan webinar ini merupakan salah satu program kegiatan dari unit kerja Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT) dalam rangka merayakan HUT Perpustakaan Nasional RI yang Ke-43 serta mendukung merdeka belajar dan kampus merdeka di sekolah maupun perguruan tinggi. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 15 Mei 2023 diikuti oleh 1.102 peserta dari berbagai penjuru Indonesia.


Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi membuka kegiatan webinar sekaligus memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan dengan meluncurkan aplikasi BintangPusnas Edu ini Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi sudah mengimplementasikan salah satu fungsi perpustakaan sesuai dengan UU No. 43 tahun 2007 yaitu memperluas akses digital dan menghadirkan sebuah pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat /pemustaka. Dan beliau juga mengajak masyarakat untuk berkontribusi memberikan masukan terkait kebutuhan koleksi digital sehingga masyarakat dapat lebih merasakan dampak positif dari aplikasi BintangPusnas Edu dan juga dapat memotivasi para tenaga perpustakaan dan pustakawan dalam meningkatkan mutu serta kualitas penyelenggaraan dan pengelolaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi.

Penyampaian Materi Webinar Optimalisasi Pemanfaatan BintangPusnas Edu

Pada kegiatan Webinar Optimalisasi Pemanfaatan BintangPusnas Edu ini, Bapak Abi Rafdi Ramadhan S.Hum selaku Narasumber dari Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi menyampaikan materi seputar pengenalan serta penjelasan terkait pemanfaataan BintangPusnas Edu, diantaranya; Tutorial menginstal aplikasi, cara mendaftarkan akun pada aplikasi BintangPusnas Edu, dan penjelasan mengenai fitur-fitur unggulan yang tersedia pada aplikasi BintangPusnas Edu. Melalui kegiatan webinar ini, diharapkan para pengguna maupun pustakawan dapat membantu untuk mempromosikan aplikasi BintangPusnas Edu dalam meningkatkan pengguna sehingga dapat kebutuhan koleksi untukk masyarakay dapat terpenuhi dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat secara maksimal sebagaimana mestinya.