Perpustakaan Nasional RI Membina Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Maluku Utara Menuju Standar Nasional Perpustakaan Melalui Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan
14 Maret 2023

Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara- Perpustakaan Nasional RI mengadakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan program Perpustakaan Nasional RI selaku Pembina yang ditujukan kepada perpustakaan sekolah/madrasah. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 14-16 Maret 2023 di Sahid Bela Hotel ini dihadiri oleh 100 peserta dari perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan bimtek dibuka oleh Dr. Ahmad Masykuri, SS., MM. selaku Pustakawan Ahli Utama, Perpustakaan Nasional RI sekaligus memberikan arahan mengenai Kebijakan Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Dalam arahannya, Bapak Ahmad Masykuri menyampaikan kondisi perpustakaan sekolah/madrasah di Indonesia dengan terkhusus kondisi perpustakaan di Provinsi Maluku Utara. Beliau juga menyampaikan bahwa Perpustakaan Nasional RI dalam pembinaan dan pengembangan perpustakaan memiliki skema pembinaan dimulai dari pembuatan berbagai peraturan/kebijakan (NSPK), sosialisasi NSPK, pemantauan dan pengawasan implementasi NSPK hingga kegiatan profiling kesesuaian perpustakaan sekolah/madrasah dengan SNP yang menghasilkan rekomendasi akreditasi bagi perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai SNP atau rekomendasi pembinaan kembali oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi bagi perpustakaan sekolah/madrasah yang belum sesuai SNP, yang merupakan output dari kegiatan bimtek ini.



Pembukaan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah oleh Pustakawan Ahli Utama, Perpustakaan Nasional RI

Pada kesempatan ini, Bapak Ahmad Masykuri mengajak para peserta agar menyelenggarakan dan mengelola perpustakaan sekolah/madrasah-nya sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dengan memanfaatkan program/kegiatan yang telah disediakan Perpustakaan Nasional RI dan Dinas Perpustakaan. Bapak Ahmad Masykuri mengajak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi, Dinas Pendidikan bersama dengan Perpustakaan Nasional untuk bersinergi meningkatkan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah.

Pada Bimtek ini juga hadir Bapak Muliadi Tutupoho, S.Ag., M.Hum, selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara yang menyampaikan sambutan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam pengembangan perpustakaan perlu ditingkatkan juga kemampuan dan pengetahuan tenaga pengelola perpustakaan. Beliau menyampaikan komitmennya untuk meningkatkan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Maluku Utara. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Utara siap bersinergi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara dan Perpustakaan Nasional RI untuk meningkatkan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Maluku Utara



Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Pendidikan dan Kearsipan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara yang juga hadir pada kegiatan ini menyampaikan materi Kebijkan Daerah Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Maluku, dalam materinya Kepala Bidang Perpustakaan menyampaikan program-program pembinaan perpustakaan di Provinsi Maluku Utara, diantaranya program bantuan buku, pengembangan aplikasi, sosialisasi pengelolaan perpustakaan, serta diklat. Kepala Bidang Pembinaan menyampaikan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Utara siap mendukung perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Maluku Utara untuk menjadi Perpustakaan yang sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan.

Bapak Ruslan Zainuddin, S.Pd., M.Si, selaku Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara turut hadir menyampaikan materi “Kebijakan Pemanfaatan Dana BOS dan DAK Pendidikan untuk Pengembangan Perpustakaan Sekolah”, diharapkan sekolah/madrasah dapat mengoptimalkan pemanfaatan dana BOS untuk pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah.

Kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari para pesertanya serta apresiasi dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku Utara.