Perpustakaan Nasional RI Melaksanakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah dan Madrasah di Provinsi Bengkulu
09 Maret 2023

Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu- Perpustakaan Nasional RI mengadakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu. Kegiatan Bimbingan Teknis ini merupakan program Perpustakaan Nasional RI selaku Pembina yang ditujukan kepada perpustakaan sekolah/madrasah. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 8-10 Maret 2023 di Mercure Hotel ini dihadiri oleh 100 peserta dari perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Bengkulu.

Kegiatan Bimtek dibuka oleh Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT) sekaligus memberikan arahan mengenai Kebijakan Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Dalam arahannya, Kepala Pusat P3SMPT menyampaikan kondisi kekinian perpustakaan sekolah/madrasah di Indonesia dengan berbagai problematikanya dan kondisi ideal yang seharusnya ada. Kepala Pusat P3SMPT juga menyampaikan skema pembinaan yang dilakukan Perpustakaan Nasional RI dimulai dari pembuatan berbagai peraturan/kebijakan (NSPK), sosialisasi NSPK, pemantauan dan pengawasan implementasi NSPK hingga kegiatan profiling kesesuaian perpustakaan sekolah/madrasah dengan SNP yang menghasilkan rekomendasi akreditasi bagi perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai SNP atau rekomendasi pembinaan kembali oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi bagi perpustakaan sekolah/madrasah yang belum sesuai SNP.


Pembukaan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah oleh Kepala Pusat P3SMPT


Pada kesempatan ini, Kepala Pusat P3SMPT mengajak para peserta agar menyelenggarakan dan mengelola perpustakaan sekolah/madrasah-nya sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP) dengan memanfaatkan program/kegiatan yang telah disediakan Perpustakaan Nasional RI dan Dinas Perpustakaan. Kepala Pusat P3SMPT juga mengajak Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu untuk meningkatkan kinerja pembinaan perpustakaan sekolah/madrasah sesuai amanat Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat meniru atau membuat program pembinaan yang sama dengan Perpustakaan Nasional RI agar terjadi sinergi yang baik.

Pada Bimtek ini juga hadir Bapak H. Meri Sadi, M.Pd, selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Bengkulu yang menyampaikan materi terkait Kebijakan Daerah Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Bapak Syahjudin, M.Pd, selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi dengan materi “Kebijakan Pemanfaatan Dana BOSP untuk Pengembangan Perpustakaan Sekolah”. Dengan hadirnya dua Dinas ini diharapkan tercipta sinkronisasi kebijakan dan program yang berpihak pada pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah terutama dalam pemanfaatan Dana BOSP untuk pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di level provinsi dan kabupaten/kota.

Foto bersama dengan para peserta


Kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional RI ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari para pesertanya. Diharapkan melalui kegiatan Bimtek ini para pengelola perpustakaan sekolah/madrasah dapat memperoleh pengetahuan tambahan terkait manajerial dan juga keahlian teknis dasar dalam mengelola dan menyelenggarakan perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan.