Sosialisasi Lomba Best Practice dan Sinkronisasi Data Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023
07 Maret 2023

HALO #MitraP3SMPT



Jakarta - Undang - undang nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pada Pasal 24 Ayat (1) mengamanatkan bahwa setiap perguruan tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Perpustakaan tersebut menjadi acuan dalam penyelenggaraan, baik untuk perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Sebagai upaya mendukung perpustakaan perguruan tinggi dalam meningkatan pelayanan, Perpustakaan Nasional RI melaui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT) akan menyelenggarakan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi tingkat Nasional. Dalam rangka tahapan persiapan bagi peserta, P3SMPT melaksanakan kegiatan Sosialisasi secara luring di Jakarta dan daring melalui zoom meeting dan live youtube pada hari rabu, 2 Maret 2023 yang diikuti oleh perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia sebagai bentuk antusiasme untuk mengetahui informasi Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi. 

Sosialisasi lomba best practice dimulai pada pukul 13.00 dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Mars Perpusnas” dilanjutkan pembacaan do’a oleh panitia Perpustakaan Nasional sebelum memasuki acara inti. Dr. Adin Bondar, M. Si., selaku Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan memberikan sambutan dan pengarahan terkait kegiatan lomba best practice serta peran literasi dalam menunjang kemajuan peradaban dan pengetahuan. 

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi Petunjuk Teknis Pelaksanaan Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 yang dipandu oleh Reza Putra Hariwantyo, S.Sos selaku moderator dengan narasumber serta penyampaian materi sebagai berikut :

1. Drs. Nurcahyono, SS., M.Si : “Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi melalui Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023”;

2. Monalisa Silvia Maretta, S.Sos., MP. : “Petunjuk teknis pelaksanaan Lomba Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023”;

3. Drs. Bambang Supriyo Utomo, M.Lib.: Mekanisme penilaian Lomba Lomba Best Practice Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023;

4. Mariyah, S.Sos., M.Hum : “Dukungan Forum Perpustakaan Terhadap Kegiatan Lomba Best Practice”.



Diskusi ini berlangsung interaktif dimana narasumber mendapat banyak pertanyaan dari peserta yang menunjukkan ketertarikannya untuk berpartisipasi dalam lomba best practice. Tak terasa sesi waktu tanya jawab berakhir, diharapkan peserta perpustakaan perguruan tinggi memiliki persiapan yang maksimal setelah menerima informasi dari kegiatan sosialisasi ini. 

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) “Kebijakan Pengembangan dan Sinkronisasi Data Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023” yang dipandu oleh Dr. Taufiq A Gani, S.Kom., M.Eng.Sc serta narasumber yang terlibat adalah sebagai berikut: 

1. Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ;

2. Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;

3. Direktur Jenderal Pendidikan Islam - Kementerian Agama;

4. Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan- Kementerian Kesehatan;

FGD Kebijakan Pengembangan dan Sinkronisasi Data Perpustakaan Perguruan Tinggi Tahun 2023 diharapkan dapat mendukung penerapan kebijakan yang bermanfaat dalam pengembangan perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia.


Reported by : Ariyani

Foto & Video : Maria & Iksan

Editor : Monalisa & Zeinia

#p3smptperpusnasri #perpustakaanperguruantinggi #perpustakaansekolah #perpustakkaanmadrasah #perpusnasri