Membina 100 Perpustakaan Sekolah di Kalimantan Barat, Perpustakaan Nasional RI melakukan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah.
06 Maret 2023

2 Maret 2023 Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat – Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT) mengadakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Kalimantan Barat. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 28 Februari – 2 Maret 2023 di Hotel Aston Pontianak Hotel & Convention Center ini diikuti oleh para pengelola perpustakaan sekolah di Provinsi Kalimantan Barat.

Tujuan dari Bimbingan Teknis ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi Tenaga Pengelola Perpustakaan dalam mengelola perpustakaan sesuai dengan Standar Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang ada. Peserta Bimtek ini merupakan pengelola perpustakaan yang masih belum terakreditasi. Sehingga diharapkan dengan peningkatan kompetensi ini dapat memicu peningkatan kualitas perpustakaan sekolah/madrasah di Kalimantan Barat.

Bimbingan teknis ini meliputi tata kerja rutin perpustakaan seperti Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah, Teknis Pengembangan Koleksi Bahan Perpustakaan (Seleksi, Pengadaan, Pengolahan Bahan Perpustakaan), Teknis Pengolahan Koleksi Bahan Perpustakaan (Katalogisasi, Klasifikasi dan Tajuk Subjek), Teknis Layanan Dan Promosi Perpustakaan Berbasis Pemanfaatan TIK, Teknis Layanan dan Promosi Perpustakaan Berbasis Pemanfaatan TIK.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, Rita Hastarita, S.Sos., M.Si., menyambut baik program Bimbingan Teknis ini. Beliau mengatakan, ”Kegiatan ini sangat membantu kami meningkatkan literasi pada seluruh peserta didik kami, sehingga literasi di Kalimantan Barat semakin meningkat.” Beliau mengharapkan kegiatan Bimbingan Teknis ini bisa dilanjutkan dan dilaksanakan kembali di Kalimantan Barat.

Para peserta bimbingan teknis ini menyambut positif kegiatan ini. Seperti yang dikatakan oleh Ibu Desy Fitriana Pengelola Perpustakaan SMAN 2 Nanga Tayap,  ”Ketika saya datang ke Bimbingan Teknis ini ilmu saya mengenai perpustakaan masih nol, tetapi ketika pelaksanaan ini saya benar-benar memperoleh ilmu terutama dalam hal katalogisasi dan teknis pelayanan yang harus kita kuasai. Selain itu, saya mengapresiasi Perpustakaan Nasional RI karena telah menghadirkan narasumber-narasumber terbaik.”

Pada Kesempatan yang sama pada kegiatan bimtek ini dilakukan pengukuhan Pengurus Daerah Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia (FPSMI).