Focus Grup Discussion (FGD) Penyusunan Pedoman Kompetisi Ilmiah Implementasi Literasi Informasi dalam Mendukung Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka
29 Desember 2022

Jakarta – Perpustakaan dan literasi merupakan 2 (dua) hal yang tidak dapat dipisahkan dalam mendukung perguruan tinggi untuk mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Dalam rangka menyiapkan mahasiswa yang adaptif dengan perubahan sosial, budaya, dan ekonomi, sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat, khususnya di dunia industri dan dunia kerja (Iduka), perguruan tinggi sudah harus memberikan kebebasan dan keleluasaan kepada mahasiswa untuk dapat menggali informasi, belajar, dan memeroleh pengalaman belajar, tidak hanya dari lingkup internal program studi atau institusi asal melainkan juga menjangkau lingkup eksternalnya. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan salah satu perwujudan dalam proses transformasi sistem pembelajaran baru yang diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa untuk dapat meningkatkan segala potensi dan kualitas diri yang dimiliki hingga menjadi pribadi yang unggul, kreatif, inovatif, dan kompetitif. Sejalan dengan visi Perpustakaan Nasional RI, "Terwujudnya Indonesia Cerdas Melalui Gemar Membaca Dengan Memberdayakan Perpustakaan", Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi sebagai salah satu unit kerja di Perpustakaan Nasional RI yang mengemban amanat pembinaan dan pengembangan perpustakaan perguruan tinggi menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka menyusun Pedoman Kompetisi Ilmiah Implementasi Literasi Informasi dalam Mendukung Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka. Kegiatan FGD ini telah dilaksanakan pada Rabu-Kamis, 20-21 Desember 2022 di Hotel Harris Jakarta, melibatkan berbagai stakeholders terkait, baik unsur swasta maupun pemerintah.


Acara dimulai pada pukul 14.00 WIB, diawali dengan pembukaan oleh Zeinia Maulida sebagai MC, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Mars Perpusnas” oleh seluruh peserta kegiatan. Selanjutnya adalah sambutan dari Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si., sebagai Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi. Beliau menyampaikan pentingnya setiap perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia agar dapat menyelenggarakan perpustakaan sesuai dengan standar nasional perpustakaan (SNP). Dalam kesempatan yang sama juga disampaikan terkait materi FGD mengenai Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka di perguruan tinggi dan bagaimana peran perpustakaan dalam memfasilitasi sivitas akademika untuk menggali informasi penting yang relevan. Melalui program kompetisi ilmiah ini beliau berharap dapat mendorong mahasiswa untuk aktif dan produktif dalam menghasilkan produk barang dan jasa yang asas kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh masyarakat.