Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi di Provinsi Sumatera Utara, 21 – 23 Juni 2022
13 Desember 2022

Medan, Sumatera Utara – Dalam upaya pembinaan dan pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi, Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi yang merupakan salah satu unit kerja Perpustakaan Nasional RI kembali menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi” di wilayah kerja Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara yang berlangsung selama 3 hari pada tanggal 21 - 23 Juni 2022 bertempat di hotel Aryaduta. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari Perguruan Tinggi di Sumatera Utara.

Registrasi mulai dibuka pukul 14.00 WIB. Pembukaan dimulai pukul 15.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” dan “Mars Perpustakaan Nasional”. 

Plt. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Drs. Deni Kurniadi, M.Hum. memberikan pengarahan dalam kegiatan bimtek ini bahwa Perpustakaan Nasional sebagai lembaga pemerintah Non – Kementerian yang mempunyai tugas pemerintahan di bidang perpustakaan sejalan dengan mandatory Undang – Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Perpusnas memiliki fungsi sebagai perpustakaan pembina, deposit, penelitian, pelestarian, dan sebagai pusat jejaring perpustakaan. Dalam rangka percepatan dan optimalisasi pelaksanaan pembinaan perpustakaan perguruan tinggi, maka perpusnas telah menyusun strategi pembinaan dan pengembangan perpustakaan Perguruan Tinggi yang dilaksanakan melalui berbagai kebijakan dan kegiatan, diantaranya adalah : 

  1. Penyusunan dan penetapan regulasi di dalam pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi
  2. Melaksanakan sosialisasi dan implementasi regulasi pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan Perguruan Tinggi
  3. Melaksanakan supervisi pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan Perguruan Tinggi
  4. Melaksanakan advokasi dan edukasi terhadap pengelolaan dan penyelenggaraan perpustakaan Perguruan Tinggi
  5. Memberikan bantuan pengembangan perpustakaan Perguruan Tinggi

Setelah mendapatkan pengarahan bimbingan teknis, kemudian Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Ir. Halen Purba, M.M memberikan sambutan kepada para peserta bimtek.

Drs. Nurcahyono, S.S., M.Si selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi memberikan arahan mengenai Kebijakan Pengembangan Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Pada hari kedua, peserta bimtek mendapatkan materi bimtek dari narasumber dan terdapat evaluasi bimtek setelah mendapatkan materi sebagai refleksi dari ilmu dan kegiatan yang telah dilalui. Pada hari kedua ini juga, Perpustakaan Nasional RI menyampaikan mengenai implementasi Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) Perpustakaan Perguruan Tinggi. 

Hari ketiga bimtek, Perpustakaan Nasional RI melakukan sosialisasi dan arahan mengenai Aplikasi Pendataan Perpustakaan Berbasis Kewilayahan. Peserta dari Perpustakaan Perguruan Tinggi di Sumatera Utara begitu semangat dalam mengikuti kegiatan bimbingan teknis selama 3 hari. Bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) untuk Perpustakaan Perguruan Tinggi di Sumatera Utara.