Gelar FGD, P3SMPT Lahirkan Draft Naskah Pedoman Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Tahun 2023
12 Desember 2022

Jakarta - Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi kembali menyelenggarakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema: Penyusunan Pedoman Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Tahun 2023 yang berlangsung selama 2 (dua) hari, Kamis 08 Desember – Jumat 09 Desember 2022 di Hotel Harris Jakarta. FGD ini dihadiri oleh 5 (lima) orang narasumber, yaitu Dra. Sri Sularsih, M.Si., Drs. Sudirwan Hamid, M.M., Dra. Sri Sumekar, M.Si., Muhammad Ihsanudin, M.hum, dan Dr. Yusqon dan peserta dari perwakilan pengurus Forum Perpustakaan Sekolah/Madrasah Indonesia (FPSMI) serta staf kelompok pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah. Output kegiatan yang diharapkan adalah berupa draft Pedoman Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Tahun 2023 yang meliputi; Pedoman Teknis Lomba, Instrument penilaian dan Pedoman Penilaian. Kegiatan ini diawali dengan laporan dari Panitia yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional RI, Drs. Nurcahyono, SS., M.Si.

Laporan Panitia yang disampaikan oleh Drs. Nurcahyono, SS., M.Si. (Kepala Pusat P3SMPT)


Beliau menyampaikan bahwa “pelaksanaan kegiatan lomba perpustakaan SMA/SMK/MA Tahun 2023, akan merubah metode dan model perlombaannya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya penilaian lomba sangat menitikberatkan pada komponen akreditasi dan inovasi sebagai unsur penguatan, maka pada tahun 2023 penilaian lomba akan dititikberatkan pada praktek baik penyelenggaraan perpustakaan sekolah/madrasah dalam menjawab paradigma belajar abad 21 dan implementasi kurikulum 2013, kurikulum merdeka belajar serta implementasi inklusi social di sekolah”. Beliau juga menyampaikan “semoga kegiatan lomba perpustakaan ini dapat memberikan hasil yang terbaik karena kegiatan ini merupakan salah satu bukti nyata kepedulian Perpustakaan Nasional dalam melaksanakan pengembangan dan pembinaan perpustakaan sekolah/madrasah. Kami yakin dengan bantuan seluruh pihak, terutama dari ibu/bapak yang mengikuti kegiatan ini, Lomba Perpustakaan SMA/SMK/MA Tahun 2023 akan berjalan dengan lebih baik lagi bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya serta dapat membentuk profil perpustakaan SMA/SMK/MA yang Agile terhadap perubahan, yang bisa menjalankan tugas dan fungsinya, sustainable, dan mampu mendukung program-program pembelajaran serta rujukan bagi perpustakaan sekolah lainnya.”


Sambutan oleh Bapak Drs. Deni Kuniardi, M.Si. (Plt. Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan)


Dalam kegiatan ini, Drs. Deni Kuniardi, M.Hum. selaku Plt. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan berkesempatan untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya , Drs. Deni Kuniardi, M.Hum menyampaikan bahwa Perpustakaan Nasional melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi juga menyelenggarakan kegiatan lomba perpustakaan terbaik tingkat SMA/SMK/MA. Lomba perpustakaan terbaik tingkat SMA/SMK/MA ini adalah salah satu bentuk pembinaan, berupa apresiasi yang diberikan Perpustakaan Nasional terhadap pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai Standar Nasional Perpustakaan. Selain itu, lomba ini juga menjadi ajang bagi perpustakaan daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk menunjukkan hasil pembinaannya. Muhammad Ihsanudin, selaku narasumber dalam kegiatan FGD ini menyampaikan bahwa dari awal sampai akhir proses kegiatan FGD ini berjalan sangat efektif dan produktif walaupun materi yang dibahas itu sangat menantang, instrument atau komponen penilaian pada pedoman yang sekarang tidak sama dengan yang dulu dan sekarang banyak peningkatan hal-hal baru pada pedoman yang sangat sesuai dengan kebutuhan zaman dengan adanya komponen transformasi perpustakaan di era sekarang.

Penyerahan Draft Naskas Pedoman oleh Dra. Sri Sularsih, M.Si. kepada Drs. Nurcahyono, SS., M.Si.



Dalam kesempatan ini Drs. Nurcahyono, SS., M.Si. selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi juga berkesempatan menyerahkan SK Kepengurusan Forum Perpustakaan Sekolah Madrasah Indonesia (FPSMI) kepada Ketua terpilih periode 2022 – 2026, Dr. Yusqon. Kegiatan FGD ini ditutup dengan penyerahan secara simbolis draft naskah pedoman lomba perpustakaan SMA/SMK/MA Tahun 2023 kepada Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi oleh Dra. Sri Sularsih, M.Si. selaku perwakilan dari narasumber.

 

Reporter & Editor by Laras Ayu Sholekha
Fotografer by Maghfira Diandra Y. & Dian W.
Post by Superadmin