P3SMPT Perpusnas RI kembali Selenggarakan Bimtek Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah untuk Tingkatkan Kompetensi Tenaga Perpustakaan Sekolah di Provinsi NTB
27 Oktober 2022

Mataram, Nusa Tenggara Barat - Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT) menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di wilayah kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 25-27 Oktober 2022 yang diikuti oleh sebanyak 100 peserta yang mewakili 100 Perpustakaan sekolah mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA yang tersebar di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kagiatan ini dibuka pada pukul 14.30 WITA oleh H. Mahdi, SH., MH., selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, sekaligus memberikan sambutan, yang sebelumnya dirangkaikan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars Perpustakaan Nasional.

Plt. Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum. memberikan arahan dalam bimtek ini bahwa “Perlunya dilakukan percepatan dan optimalisasi pembinaannya. Maka dari itu Perpustakaan Nasional RI telah menyusun strategi pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah salah satunya adalah melalui Bimbingan Teknis ini. Harapan Kami melalui bimbingan teknis ini, para pengelola perpustakaan sekolah/madrasah memperoleh pengetahuan manajerial dan keahlian teknis dasar dalam mengelola dan menyelenggarakan perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai standar nasional perpustakaan.”

Acara kemudian dilanjutkan paparan oleh Jaka Wahyana, S.Pd., selaku Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB dengan materi “Kebijakan Pemanfaatan Dana Bos dan DAK Pendidikan untuk Pengembangan Perpustakaan Sekolah” yang dirangkaikan dengan diskusi panel. Terlihat beberapa peserta mengajukan pertanyaan dan sangat antusias dalam materi ini. Jaka Wahyana menyampaikan bahwa “Pengelola Perpustakaan itu harus bisa menginspirasi siswa nya”.

Pada malam harinya, acara bimtek dilanjutkan dengan materi Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah oleh narasumber Muhammad Ihsanudin, M.Hum. yang merupakan seorang praktisi Pustakawan Perpustakaan Sekolah. Materi dari pak Ihsan, begitu beliau biasa disapa, disambung pada hari kedua bimtek yaitu dari pukul 08.00 sampai dengan 18.00 dengan lanjutan materi yaitu Teknis Pengembangan Koleksi Bahan Perpustakaan (Seleksi, Pengadaan, Pengolahan Bahan Perpustakaan); Materi dan Praktik Teknis Pengolahan Koleksi Bahan Perpustakaan (Katalogisasi, Klasifikasi dan Tajuk subjek); dan Materi dan Praktik Teknis Layanan & Promosi Perpustakaan berbasis Pemanfaatan TIK. Pada sesi Pak Ihsan ini juga para peserta diminta untuk mengerjakan Pretest terlebih dahulu, dan setelah acara bimtek para peserta diminta untuk Posttest.

 

Pada malam harinya, disampaikan materi tentang “Kebijakan Nasional Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah” yang disampaikan oleh Drs. Nurcahyono, SS., M.Si., selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi (P3SMPT), Perpustakaan Nasional RI. Dalam kegiatan bimtek ini juga dilaksanakan Sosialisasi Aplikasi Pendataan Perpustakaan Berbasis Wilayah oleh Arliana Wijayanti, S.Sos., M.Hum. dan Dian Widanarta, S.Hum. Pendataan Perpustakaan ini merupakan wujud dari amanah Undang – undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pada Pasal 15 Ayat (3) huruf [e] yang  mengamanatkan bahwa Pembentukan perpustakaan yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia agar diberitahukan keberadaannya kepada Perpustakaan Nasional RI.