Pembinaan Perpustakaan Berupa Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Bali
27 September 2022

Denpasar, Bali - Pada tahun anggaran 2022, Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu wujud pembinaan yang dilakukan Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi untuk mewujudkan perpustakaan sekolah/madrasah yang sesuai dengan standar.

 

Pada tanggal 6-8 September 2022, dilaksanakan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Bali, yang diadakan di Harris Hotel & Residence Sunset Road dengan jumlah peserta 100 perpustakaan sekolah/madrasah. Pada pembukaan kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan Kearsipan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali.

 

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum., menyampaikan bahwa perlu dilakukan percepatan dan optimalisasi di dalam pembinaan perpustakaan di wilayah Provinsi Bali. Perpustakaan Nasional yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang perpustakaan, telah menerbitkan berbagai regulasi di bidang perpustakaan dalam bentuk Standar Nasional Perpustakaan dan Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria untuk Perpustakaan Sekolah dan Madrasah (NSPK). NSPK Perpustakaan Sekolah dan Madrasah dimaksudkan agar tercipta kesamaan persepsi di dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di bidang perpustakaan yang menjadi kewenangan baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

Pada kegiatan tersebut Ibu Ni Wayan Kristiani, SH., M.A.P selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Badung, memberikan sambutan sekaligus membuka acara Bimbingan Teknis secara resmi. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaikan materi Kebijakan Nasional Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi, Drs. Nurcahyono, SS., M.Si.,dimana beliau menyampaikan “NSPK Perpustakaan sekolah/Madrasah harus diimplementasikan oleh seluruh perpustakaan sekolah/madrasah se-provinsi Bali, sehingga seluruh perpustakaan sekolah/madrasah se-provinsi Bali dapat memenuhi Standar Nasional Perpustakaan sesuai dengan Undang-undang nomor 43 Tahun 2007 pasal 23 ayat 1 diamanatkan bahwa perpustakaan sekolah/madrasah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan

 

Pada kesempatan ini Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi juga menyampaikan bahwa Mengingat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bali, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangli dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jembrana yang akhirnya dilebur atau mengalami downgrade, maka penting sekali dilakukan penguatan kelembagaan perpustakaan kabupaten/kota di Provinsi Bali.

 

Acara selanjutnya adalah penyampaian materi Kebijakan Pemanfaatan Dana Bos dan DAK Pendidikan untuk Pengembangan Perpustakaan Sekolah oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali, Bapak I Ketut Sudarma, S.Sos.