Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Maluku, 23-25 Agustus 2022
26 September 2022

Ambon, Maluku - Menindaklanjuti mandatori UU No 43 tahun 2007 tentang perpustakaan, fungsi perpustakaan nasional sebagai pembina perpustakaan, Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Nasional RI kembali mengadakan bimtek yang kali ini diadakan di Provinsi Maluku. Kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Maluku, diadakan pada tanggal 23-25 Agustus 2022 bertempat di Swiss Belhotel International Ambon. Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari sekolah/madrasah dari tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dari Provinsi Maluku.

Acara pembukaan kegiatan ini dimulai pukul 14.30 WIT berupa sambutan oleh Bapak Drs. Deni Kurniadi, M.Hum. selaku Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan., Beliau menyampaikan bahwa, berdasarkan hasil Sensus Nasional Perpustakaan tahun 2018, pada Provinsi Maluku terdapat sebanyak 1343 unit perpustakaan yang terdiri dari perpustakaan SD/MI sebanyak 685 perpustakaan, SMP/MTS 366 unit perpustakaan, SMA/SMK/MA 292 perpustakaan. Perlu dilakukan percepatan dan optimalisasi pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Maluku

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku, Ibu Dra. Poppy Bachmid kemudian memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Maluku secara resmi.

Pada kegiatan selanjutnya Ibu Dra. Alfiah, Pustakawan Ahli Utama, Perpustakaan Nasional RI memberikan materi Kebijakan Nasional Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah  yang dipanel dengan pemaparan materi Kebijakan Pemanfaatan Dana Bos dan DAK Pendidikan untuk Pengembangan Perpustakaan Sekolah oleh Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, Bapak Huse, S.Pd., M.Pd.