Percepatan dan optimalisasi pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Sumatera Utara melalui Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan sekolah/Madrasah
26 September 2022

Medan, Sumatera Utara – Berdasarkan UU 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengamanatkan Perpustakaan merupakan urusan wajib yang bukan pelayanan dasar. Terdapat 6 urusan Pemerintah Pusat yang diberikan ke Dinas Perpustakaan Provinsi, diantaranya adalah pengelolaan perpustakaan tingkat provinsi. Sehubungan dengan hal tersebut Perpustakaan Nasional RI melalui Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi akan menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah” di Provinsi Sumatera Utara, 9 – 11 Agustus 2022 bertempat di Karibia Boutique Hotel Medan.  Kegiatan ini diikuti oleh 100 perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Sumatera Utara baik dari tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA.

Acara dimulai dengan sambutan Bapak Drs. Deni Drs. Deni Kurniadi, M.Hum. selaku Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “berdasarkan hasil sensus nasional perpustakaan pada tahun 2018, terdapat sejumlah 7.363 unit perpustakaan terdiri dari SD/MI sebanyak 5232 perpustakaan, SMP/MTS sebanyak 1179 perpustakaan dan SMA/SMK/MA sebanyak 9052 perpustakaan. Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Sumatera Utara yang terakreditasi hingga bulan Juni 2022 sebanya 102 unit perpustakaan, dengan rincian terakreditasi A, sebanyak 3 perpustakaan, B sebanyak 14 perpustakaan, C sebanyak  85 perpustakaan, sehubungan dengan hal tersebut maka perlu dilakukan percepatan dan optimalisasi pembinaan dan pengembangan perpustakaan sekolah/madrasah di Provinsi Sumatera Utara”


Selanjutnya Ibu Dwi Endah Purwanti, SS., M.Si. selaku Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Sumatera Utara. Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Mdrasah dan Perguruan Tinggi juga turut hadir dalam kegiatan tersebut, beliau menyampaikan materi tentang ‘ Kebijakan Nasional Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah”. Beliau menyampaikan bahwa seluruh perpustakaan sekolah/madrasah se-provinsi Sumatera  Utara dapat memenuhi Standar Nasional Perpustakaan sesuai dengan Undang-undang nomor 43 Tahun 2007 pasal 23 ayat 1 diamanatkan bahwa perpustakaan sekolah/madrasah memenuhi Standar Nasional Perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan, dan diharapkan melalui kegiatan bimbingan teknis ini para peserta diharapkan memperoleh kompetensi dan pengetahuan mengelola perpustakaan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan.


Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi aplikasi pendataan perpustakaan berbasis wilayah (data.perpusnas.go.id) yang disertai dengan praktik. Hal ini sesuai dengan amanat Undang – undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pada Pasal 15 Ayat (3) huruf [e] telah mengamanatkan bahwa Pembentukan perpustakaan yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia agar diberitahukan keberadaannya kepada Perpustakaan Nasional RI.