Perpustakaan Nasional RI Menyelenggarakan Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Sumatera Utara
12 Juni 2024

Kota Medan- Perpustakaan Nasional RI mengadakan Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah’ di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini merupakan program Perpustakaan Nasional RI selaku pembina perpustakaan bekerja sama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan yang ditujukan untuk pengelola perpustakaan sekolah/madrasah tingkat dasar yang berada di wilayah provinsi Sumatera Utara ini dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 11-13 Juni 2024 di Hotel Grand Mercure Maha Cipta Medan Angkasa diikuti oleh 100 peserta secara luring dan sekitar 200 peserta secara daring.

Kegiatan Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah’ dibuka oleh Drs. Supriyanto, M.Si. selaku Plt. Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi Perpusnas RI sekaligus memberikan arahan mengenai Kebijakan Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Dalam arahannya, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi literasi kekinian siswa Indonesia berdasar hasil PISA. Menurutnya, nilai literasi siswa Indonesia yang rendah tidak terlepas dari belum maksimalnya peran perpustakaan sekolah/madrasah dalam menumbuhkan kegemaran membaca siswa. Keberadaan perpustakaan sekolah/madrasah belum dianggap penting sehingga terkesan pengelolaan dan penyelenggaraannya berjalan sekedarnya tanpa memperhatikan kebutuhan warga sekolah/madrasah.

Oleh karenanya, pustakawan/tenaga perpustakaan harus bertransformasi diri dan menyelenggarakan perpustakaan sekolah/madrasah sebagai lembaga yang integral dengan sekolah/madrasah sesuai dengan standar nasional perpustakaan melalui penciptaan program-program literasi yang diminati warga sekolah/madrasah. Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab atas kondisi tersebut, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan “Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Sumatera Utara” yang bertujuan untuk memotivasi dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan perpustakaan sekolah/madrasah dalam upaya peningkatan kegemaran membaca dan kecakapan literasi siswa. Selain itu, Drs. Supriyanto, M.Si. juga menyampaikan tentang peraturan terbaru tentang Standar Nasional Perpustakaan yaitu Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 4 tahun 2024 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah/Madrasah.

Pada Bimtek ini juga hadir Ibu Dwi Endah Purwanti, SS, M.Si., selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Utara yang memberikan sambutan. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi yang sangat baik dan berharap agar antara Perpustakaan Nasional dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara terus bekerja sama dan bersinergi dalam pengembangan dan pembinaan perpustakaan sekolah/madrasah. Beliau juga menyampaikan hasil capaian Indeks Peningkatan Literasi Masyarakat provinsi Sumatera Utara yang masih rendah bila dibandingkan dengan provinsi lain. Ibu Dwi Endah Purwanti, SS, M.Si. berharap melalui kegiatan ini, nilai IPLM provinsi Sumatera Utara akan meningkat di masa datang

Pada kegiatan ini, selama 3 hari pengelola perpustakaan sekolah/madrasah akan dibekali dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan mengenai literasi serta aspek manajerial dalam menyusun program-program literasi di sekolah/madrasah yang melibatkan perpustakaan secara aktif dan berkelanjutan. Selain itu, dalam kegiatan ini diinformasikan bahwa pada tahun 2024 Perpustakaan Nasional akan memberikan bantuan koleksi kepada 10.000 perpustakaan desa/kelurahan/TBM di mana sekitar 612 perpustakaan desa/kelurahan/TBM yang ada di provinsi Sumatera Utara akan mendapat bantuan tersebut. Ini menjadi peluang bagi pengelola perpustakaan sekolah/madrasah untuk bisa bekerja sama, berjejaring dan bersinergi dengan perpustakaan desa/kelurahan/TBM tersebut guna mendukung program dan kegiatan literasi di sekolah/madrasah.