Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Nusa Tenggara Timur
05 Juni 2024

Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur - Perpustakaan Nasional Republik Indonesia mengadakan Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah’ di Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini merupakan program pembinaan Perpustakaan Nasional RI selaku pembina seluruh jenis perpustakaan termasuk didalamnya perpustakaan sekolah/madrasah. Rencananya program ini akan dilaksanakan di 20 provinsi sepanjang tahun 2024. Kegiatan ini diselenggarakan di Provinsi Nusa Tenggara Timur dengan bekerja sama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi, Kabupaten dan Kota di Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini ditujukan untuk pengelola perpustakaan sekolah/madrasah tingkat dasar dan menengah pertama yang berada di wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur, dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 4 - 6 Juni 2024 di Aston Kupang Hotel & Convention Center dan diikuti oleh 100 peserta secara luring dan 452 peserta secara daring.

Kegiatan Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah’ dibuka oleh Dra. Woro Titi Haryanti, MA selaku Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI sekaligus memberikan arahan mengenai Kebijakan Pengembangan dan Pembinaan Perpustakaan Sekolah/Madrasah. Dalam arahannya, Dra. Woro Titi Haryanti, MA menyampaikan keprihatinannya terhadap kondisi literasi kekinian siswa Indonesia berdasar hasil PISA. Menurutnya, nilai literasi siswa Indonesia yang rendah tidak terlepas dari belum maksimalnya peran perpustakaan sekolah/madrasah dalam menumbuhkan kegemaran membaca siswa. Keberadaan perpustakaan sekolah/madrasah belum dianggap penting sehingga terkesan pengelolaan dan penyelenggaraannya berjalan sekedarnya tanpa memperhatikan kebutuhan warga sekolah/madrasah.

Oleh karenanya, pustakawan/tenaga perpustakaan harus bertransformasi diri dan menyelenggarakan perpustakaan sekolah/madrasah sebagai lembaga yang integral dengan sekolah/madrasah sesuai dengan standar nasional perpustakaan melalui penciptaan program-program literasi yang diminati warga sekolah/madrasah. Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab atas kondisi tersebut, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan “Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Nusa Tenggara Timur” yang bertujuan untuk untuk memotivasi dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan perpustakaan sekolah/madrasah dalam upaya peningkatan kegemaran membaca dan kecakapan literasi siswa.


Pembukaan “Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah di Provinsi Nusa Tenggara Timur” oleh Dra. Woro Titi Haryanti, MA.

Pada Bimtek ini juga hadir Ibu Dra. Hildegardis Bria Seran selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi yang sangat baik dan berharap agar antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Nusa Tenggara Timur terus bekerja sama dan bersinergi dalam pengembangan dan pembinaan perpustakaan sekolah/madrasah.